Kamis, 22 Maret 2012

Berusaha Dan Terus Berusaha

  Berawal dari bel istirahat,,dan bergegas menuju perpustakaan dengan tujuan ingin melihat jadwal ulangan,,,
      
     "hah? gak salah nih? gila banget dari tanggal 1 Maret sampe tanggal 30 Maret ulangan?"  tanyaku kaget
     
      "Mesti study hard nih kita"  jawab temanku
     
      "otak mendidih dah" jawabku kesal

      "siapin es aja cit" jawab temanku

      "(jawabku hanya dengan muka yang tampang lemas)"

  Hari Senin mulailah hari menegangkan itu tiba,,Try out dari dinas dimulai,,aku datang seperti biasa paling belakang,,hehehe ..smua anak kelasan aku pada pasang muka tegang,,*ibarat mau ngambil rapot*,  Bayu selaku ketua kelas memimpin barisan sebelum masuk ke kelas.Try out pun dimulai,,biasanya aku Try out semuanya hasil murni..ini tumben Matematika aku nanya,,bukan aku doang sih tapi banyak yang berbuat kayak gitu..
                 (keesokkan harinya saat sudah diberi tau hasil try out nya)
  
   Dan bener dugaan aku sejak awal,,pasti nilai rata-rata matematika anjlok,,ternyata benar,,guru matematika (Bu Murni) nangis karena merasa dirinya gagal mengajar anak didiknya..aku terharu,aku sedih,aku menyesal,karena sudah membuat bu Murni nangis,,dari situ aku punya semangat untuk bangkit dan meraih nilai matematika yang bagus dan nilai itu akan ku bawa sebagai hadiah terbaik untuk bu Murni.

   Try out pun selesai,,esok harinya mulailah Ulangan umum tiba.Sebelum ulangan umum,,aku sempat menginap di rumah eyangku,dengan tujuan belajar matematika dengan sudaraku,,karena sudaraku disana pinter-pinter..aku belajar mati-matian disana,,sampe keringet dingin kalo yang ngajarin dosen penengang alias om Ajid,,disana ada empat dosen,,tapi salah satunya itu dia..hahahaha keringet dingin aku di ajarin om Ajid..
trus eyang aku ngomong 
   
   "Citra gak pusing belajar terus? tidur siang dulu gih baru di lanjutin lagi".
     
   "engga yang,,aku gak biasa tidur siang!" *padahal aslinya ngantuk tapi demi mendapat nilai bagus aku rela-relain nahan ngantuk*

    "oh yaudah,,kalo kamu laper ambil aja ya didapur eyang masak soto ayam tuh"
   
    "oke yang.." *padahal baru aja makan*

  Sore harinya,,aku dikasih uang sama dosen penegang,,dan dia bilang

    "Citra..beliin om ice cream dong yang cup ya,,ajak tante fuzna tuh"  *om Ajid tau kalo aku lagi kepengen ice cream*

    "oke om.." jawab semangat

   Akupun berangkat bareng sama tante Fuzna,,kita berdua udah keliling warung alfamart indomaret ,,gak ada semuanya..yaudah kita beli ice cream yang wall Campina yang 24 ml..pulang-pulang makan ice cream bareng-bareng,,beeuuuhh weeennaaakk tenan ice cream nya...akhirnya ada pendingin otak juga..
   
   Gak kerasa waktu udah jam 10 malem,,mama sama papa dah ngejemput aku,,perpisahan dengan eyang dan para dosen pun terjadi..sebenarnya aku masih mau nginep..tapi sangat tidak memungkinkan karena besok Senin udah ulangan umum,nyampe dirumah tercinta pukul 01;00 pagi,dan langsung bergegas tidur.

   Tidur dengan lelapnya..dan gak kerasa udah jam setengah enam..bangun-bangun dah kayak cacing kepanasan,,belum nyiapin seragam,belum nyiapin buku, dan aku liat yang mau nganterin aku masih tidur nyenyak,masa bodohlah ,,aku langsung bergegas mandi..sampe selesai mandi pun kaka masih tidur mungkin karna saat itu sedang hujan deras jadi membuat hawa ngantuk..apa boleh buat mama manggil tukang ojek,,bayangin dari Sawangan ke Jakarta naek ojek..ujan-ujanan lagi..beeuuuhh rasanya males berangkat sekolah,,dan langsung teringat wajah bu Murni yang sangat mengharapkan nilai anak didiknya meningkat,,aku langsung semangat lagi.."ayo Cit,,,you can!!!"

   Setibanya aku di sekolah,,kok tumben aku gak telat,,ternyata masuk jam 7..dikirain aku masuk jam 06:30 udah lari-larian,,dadanya sampe nyesek,,jiaahh blom masuk ternyata..udah hari pertama ulangan yaitu materi jam pertama Bahasa Indonesia,,gila banget dah,,masa ulangan bahasa Indonesia dalam ceritanya ada bahasa daerah,,mana ngerti aku?,,dan jam kedua agama Islam,,hanya beberapa soal yang aku gak bisa karna blom belajar sampe bab mengenai kesenian Islam,,dan jam ketiga PLKJ,,au dah hasilnya..alhamdulilah sih bisa tapi ada yang ngebingungin..untuk hari pertama sudah kulewati..
  
   Hari kedua,,ada lagi masalahnya,,waktu itu aku gak bawa papan jalan,,dan aku minjem sama si Bayu karna aku liat dia papan jalannya patah jadi dua bagian,,dan Bayu hanya memakai satu,,yaudah aku pinjem satu..Saat itu yang jadi pengawas nya si Opung alias Pak Ben,,yang aneh-aneh aja dah,,masa dia bilang..
  
   "Bay,,sampe serela itu kamu patahin papan jalan kamu demi pacar kamu yang gak bawa papan jalan?" tanya Opung

    "hah? emang udah patah pak,bukan pacar saya dia pak.." jawab Bayu sambil ngisi daftar absen
   
     "udah nih pak absen nya,," sambil ngasih kertas absen

     "alah alesan,,yaudah kamu kasih sendriri ke pacar kamu.."jawab Opung ngejek
   
      "bapak,,dia bukan pacar saya pak,,orang saya cuma minjem papan jalannya doang kok!"  jawab aku kesel sambil ngisi daftar absen
  
    Hari ketigapun tiba,,,ini dia..dimana materi matematika yang sedang di ujikan,,,awal soal pun menurut aku easy,,tapi nomor 37 sampe nomor 40,,lumayan sulit,,tapi gak putus asa,,aku terus mencari jawabannya..dan akhirnya ketemu..dan ada sisa nomor yang gak ketemu jawabannya,,akhirnya aku ikutin cara Bu Ning,,kata dia,,
    
    "kalo ada soal yang gak ketemu jawabannya,,diamlah dan konsentrasi,,mendengarkan di keadaan sekitar pasti ada yang nanya nomor itu juga,,dan dengarkanlah jawabannya" (konsep yang licik)

    dan bener juga,,akhirnya ada yang nanya nomor itu juga ke siswa yang lain,,dan aku pun mengikuti jawaban yang aku denger,,yaahh walaupun itu gak tau bener atau salah,,Pesan: *jangan mengikuti adegan seperti itu*    hehehehe,,,mudah-mudahan hasilnya bisa bikin bu Murni senang,,amiinnn,,

    Hari keempatnya,,pas itu kebetulan lagi Ips yang diujikan,,pengawasnya pun Opung lagi..Opung adalah guru Ips,,tanpa diminta dikasih tau jawabannya,,malah dia yang ngasih tau jawabannya,,tapi yang dikasih tau cuma si Bayu sama Muhammad Rizky aja...dan aku komen ke dia:

    "pak saya juga ajarin dong pak...!"

    "Liat aja gih sama pacar kamu (masih dengan ejekan yang kemaren)"

    "seeep pak.." jawab aku kegirangan

  aku kalo dah digituin mah,,tancap maning sampe setengah jawabannya semua hasil dari nanya dari Bayu,,Bayu dari si Opung,,,wkwkwkwkwk...gitu donk pak kalo gitu kan jadi klob pak...hahaha :D


    Eh pas dah ada hasilnya..kata guru yang gajarin Ips ,,guru Ips yang satu lagi bilang

    "si Ayu gimana sih..nilai Ips nya nurun"

    "hah? nurun pak?" (dalam hati gondok sama pak Ben)

    "tapi tenang aja Ayu,,dirapot bisa jadi Delapan kok.."

     "amiiinnn..." jawab dengan perasaan lega



    Dan sekarang blom tau hasil dari ulangan umumnya,,do'ain ya all...dan Pesan aku jangan mengikuti cara curang,,dan konsep yang licik tersebut..karna hanya membawa keberuntungan sementara dan penyesalan sepanjang masa....
   pesan ini disampaikan oleh: Citra Ayu Rahmatika





   

   
 
  

  

  

   
  
     

3 komentar:

  1. weleehh....itu kaga salah ulangan sampe tanggal 30??? *butek dah otak gue* hahahah

    gue doain, moga lancar2 aje ye ngadepin ulangan, moga kerja kerasnye membuahkan hasil yang bagus.. aamiin.. tetep semangat ye jeng ^_^

    BalasHapus
  2. pesannya mantap


    "Pesan aku jangan mengikuti cara curang,,dan konsep yang licik tersebut..karna hanya membawa keberuntungan sementara dan penyesalan sepanjang masa...."

    well setuju banget
    CUMA bisa jadi koruptor... kena hukum pidana/penjara kalopun lolos dari jerat hukum tekanan batin di masyarakat...
    or..dapat gaji tp dengan syarat mengorbankan rasa malu.. alias melanggar agama... demi sesuap nasi...

    BalasHapus
  3. mpok naya: bner bgt,,butek nih otak,,kyk bak yg blon di kuras setahun,,



    tnte yeni: hehehe,,aq udh nerapin sistem licik itu,,hehehe,,,tp nyesel setelah nya...

    BalasHapus